There was an error in this gadget

Tuesday, March 16, 2010

Cheesy Places to Visit when You Grow Up

what do you think about Monas, Planetarium, Ragunan, Taman Mini, Seaworld, and any other family vacation spots like that?

cheesy?

boring?
too plain-old-ordinary?

akhir-akhir ini saya jadi lebih sering berjalan-jalan dan menghabiskan waktu ke tempat-tempat diatas deh. tempat-tempat liburan keluarga, yang sejujurnya sudah cukup lama tidak pernah saya kunjungi lagi. Kenapa tidak pernah lagi?

Ada banyak alasan, tetapi terutama karena seperti yang saya sebutkan diatas. tempat tersebut bagi saya terlalu identik dengan stigma liburan keluarga masa kecil, lengkap dengan orangtua yang sibuk membawa rantang dan bekal makan siang serta
anak-anak yang tidak pernah bisa berhenti berlari dan berteriak-teriak. sehingga ketika saya bertambah dewasa, tempat-tempat tersebut sudah tidak menarik lagi bagi saya, karena kesannya terlalu 'bocah' sekali, norak, membosankan, dan 'biasa' banget.
ditambah lagi, karena adik saya juga sudah mulai besar, tidak ada lagi anak kecil di keluarga saya yang masih bersemangat untuk pergi ke tempat-tempat seperti itu. sehingga keluarga saya pun mengalihkan tempat liburan keluarga ke mall-mall terdekat. lebih nyaman, bisa sambil belanja, dan yah, lebih 'gaul' gitu juga deh.

tapi akhir-akhir ini saya jadi mulai mengunjungi lagi beberapa tempat 'cheesy' diatas
dan sejauh ini saya sudah pergi lagi ke Planetarium TIM, Ragunan, dan Seaworld. Namun, kali ini saya tidak pergi dengan keluarga, tetapi dengan si pacar. kalau dulu ada orang yang mengajak saya pergi ke Ragunan, pasti saya sudah mencibir duluan. "Ragunan? duh, itu tempatnya udah ga kerawat, banyak mang-mang dan mbak'e-mbak'e lagi pacaran juga." tetapi ketika kemarin ajakan itu datang lagi, saya berpikir, "kenapa tidak?". begitu juga ketika kami pergi ke Planetarium dan Seaworld.

And you know what, as much as cheesy i thought those places gonna be, it turned out they were quite okay for cheesy places.

I had so much fun!

dulu terakhir kali saya pergi ke Planetarium mungkin sekitar 9 tahun yang lalu. tidak banyak yang saya ingat kecuali kursinya yang bisa ditarik mundur serta layarnya yang berbentuk setengah parabola dan terletak di atas kepala kita.
sehingga ketika saya kesana lagi,
woooowww. my mouth just keep gaped open in amazement. beneran deh. kalau ada orang yang berpikir bahwa planetarium itu membosankan, mereka harus kesini sekali lagi dan melihat dengan mata kepala sendiri betapa kerennya pertunjukan yang ada di planetarium. pada saat saya duduk di kursi itu, rasanya seperti duduk di suatu alam terbuka dengan langit yang penuh dengan bintang-bintang, suatu pemandangan yang sangat jarang bisa kita lihat di langit Jakarta. tidak hanya bintang-bintang, tetapi kita juga bisa melihat gambar rasi-rasi bintang, planet-planet, dan melihat matahari terbit disepanjang pertunjukan.
ini layar proyektor yang dipakai untuk memproyeksikan filmnya ke atas layar setengah parabola yang terletak diatas kepala kita. bulatan-bulatan itu semuanya adalah lensa proyektornya (did i say it, right?), loh.
*ini gambar satu-satunya yang bisa menggambarkan Planetarium yang saya ambil selama disana. karena pada saat pertunjukannya sudah dimulai kita tidak boleh menyalakan apa-apa lagi yang mengeluarkan cahaya.

there are no other words to describe it, it's just downright cool! And to be able to watch it with a great person beside you, it just a very nice experience :)

setelah ke Planetarium, beberapa hari kemudian saya pergi ke Kebun Binatang Ragunan.
sebenarnya, sebelumnya saya sudah pernah pergi beberapa kali ke tempat ini, tetapi bukan untuk melihat binatang-binatangnya, melainkan untuk berkeliling naik sepeda. sehingga kemarin itu bisa dibilang pertama kali saya ke tempat itu lagi setelah bertahun-tahun tidak pernah benar-benar berjalan-jalan ke Ragunan.
Yah, memang banyak kandang binatangnya yang masih kurang terawat disana-sini, tetapi semuanya tetap menyenangkan kok, apalagi pada saat masuk ke Smutzer, yaitu tempat khusus Primata. We had a good times laughing at those funny monkeys and get mesmerized by how huge the size of a Gorilla in there.












Dan tidak hanya primata saja, tapi saya juga melihat berbagai macam jenis burung (ini pertama kalinya saya melihat burung Flamingo. ternyata mereka benar-benar berwarna pink dan suka berdiri dengan satu kaki ya!),
terpesona dengan warna bulu burung merak yang keren sekali,
dan melihat berbagai jenis ular dan reptil yang sejujurnya membuat saya geli (i hate crawling creatures, erghh).

Lalu, the last cheesy place yang saya datangi adalah Seaworld Ancol, beberapa hari yang lalu. setelah ber-Bolang dengan naik Kopaja, TransJakarta, dan taksi (i know that the way we travelled sounds kinda exhausting, but really, for the sake of the adventure feeling, it was so much fun and exciting!) akhirnya sampailah kami di Seaworld. Horee!
Gak tau kenapa, tapi saya sangat bersemangat untuk pergi ke tempat ini. sejak kecil saya selalu menyukai Ancol. Rasanya seperti ada excitement tersendiri setiap kali mendengar kata 'Ancol'. Bagi saya, kata 'Ancol' selalu berkaitan dengan kata 'liburan', 'jalan-jalan', 'pantai', dan 'Dufan', sehingga setiap kali ada seseorang yang mengajak saya ke Ancol, rasanya sangat bersemangat aja.
ketika baru masuk ke tempat itu, saya langsung disambut oleh sekawanan Piranha.
And you know what, they really eat meat! hahaha..
well, i know that Piranhas Do eat meat, but to be able to watch it by your own eyes, it's just still kinda amazing to me, i guess :D

tidak hanya itu, saya juga melihat Hiu dari berbagai jenis dan ukuran, ikan arapaima yang sangat besar, ikan pari dengan bentuk mulutnya yang lucu itu (ada yang juga merasa bahwa mulut ikan pari itu berbentuk Smiley gak, sih?), satu akuarium yang penuh dengan dancing eel, ikan dugong yang gendut, and lots of colorful fish.


























a


























se
muanya lucu-lucu, semuanya merupakan pengalaman yang baru bagi saya, dan menurut saya proses perjalanan dari Depok ke Ancol yang lumayan ber-Bolang itu cukup terbayar dengan kesenangan selama berada di tempat itu.

waktu saya meng-upload semua foto jalan-jalan saya ke Facebook, ada seseorang di Facebook yang kemudian membuat status
"
klo orang pacaran d kebun biinatang ap kebun ap gtu.. sama aja kaya pacaran d jalanan UI malem2 kali ya.. hehe.. suka ada-ada aj org pacaran.. hehe.."
tidak tahu juga sih, status itu memang dimaksudkan untuk menyindir saya atau hanya kebetulan saja. tetapi karena pada saat itu saya baru saja menaruh foto hasil jalan-jalan saya ke Ragunan di Facebook, tentu saja saya merasa tersindir. sehingga lalu saya membuat komen balasan di status orang itu saja yang mengatakan bahwa Ragunan sudah lebih baik kok, terutama Smutzernya. selain itu, daripada harus selalu pergi ke mall atau tempat sejenisnya, lebih baik mencari tempat lain yang tidak biasa dan tidak membosankan. lagipula, selama kita pergi dengan perasaan senang dan positif, mau pergi kemana pun pasti akan selalu menyenangkan.

buktinya saja, setelah teman-teman saya mengetahui bahwa saya baru pergi ke Planetarium dan Ragunan, mereka malah jadi menanyakan ke saya mengenai tempat-tempat tersebut. bahkan tidak sedikit dari mereka yang dengan serius bertanya ke saya mengenai biaya untuk kesana dan mengatakan bahwa mereka jadi tertarik untuk pergi ke tempat-tempat tersebut setelah mengetahui saya pergi ke sana dan melihat foto-foto yang saya upload ke Facebook.

see? many of us actually want to go there.
but we're all just holding too much pride, we don't want people to know that we go to some cheesy places. but for me, now i learned that as long as I have fun and don't break any laws, i don't care where I go
:D

And in the end, i finally realize that all those places that i called cheesy, they actually weren't so bad.
as long as we want to open our mind and our heart for new experiences and don't hold our expectations too high (yeah, well you can't expect Ragunan to look like Jurong Bird Park in Singapore, can you?), i think no matter where we go, we can always find something fun to do and look everything at their brightest side.

plus, i've got a great guy that made an excellent travelling companion, so there are always something silly to laugh about, something unique to be amazed together, and someone to share smiles and laughs even though the reality wasn't so funny with all the traffic jams, crazy kids running around, and a very hot sun that shine above our head
:)

aah yes.. this is us! :)







*left picture: till now i still have difficulty to decide which one is my boyfriend. is he the one with read hair and a shocked expression at the left side of the picture, or is he the one with the blue jacket and wide smile at the right side of the picture? hmm so hard to differ hehehe :p

jadi, ada yang punya ide lagi untuk tempat-tempat 'cheesy' berikutnya yang bisa saya kunjungi? atau ada yang punya pengalaman mengunjungi tempat-tempat seperti itu? It will be great if you all can share it with me.

till then, happy living your life, stay happy, and cheers! :)


2 comments:

  1. smp bingung gt pacarnya yg mana????
    =)

    ReplyDelete
  2. @the man with the blue jacket:
    iyaa, sempet ketuker sekilas. kirain pacar aku di cat rambutnya. tapi ternyata setelah gambarnya di zoom, baru deh ketauan. hooo pacarku yg pake jaket ternyataa. abis mirip banget loohh hahaha :p

    ReplyDelete